LANGKAH KEGIATAN PRAKTIK MATA KULIAH STATISTIKA
CARA MEMBUAT TABEL DISTRIBUSI FREKUENSI KELOMPOK
Cari H (Highest score/skor tertinggi)
Cari L (Lowest score/skor terendah)
Cari R (Total Range / R = (H-L)+1
Tetapkan interval class (i), acuan berbeda-beda tergantung kesepakatan. Umumnya R/i= 10-20, Walpole: 5-20, rumus: k = 1 + 3,3 log N.
Sebaiknya i adalah bilangan ganjil: 3, 5, 7, dst
Tetapkan bilangan dasar interval masing-masing kelas interval
Membuat Tabel Distribusi Frekuensi (TDF)
Melakukan tabulasi data
CARA MEMBUAT POLIGON
Membuat Tabel Distribusi Frekuensi (TDF)
Menentukan titik tengah/Midpoint masing-masing kelas interval
Menyiapkan grafik sumbu absis (X) dan ordinat (Y)
Menentukan titik pertemuan (X,Y) yakni (titik tengah, frekuensi) dari masing-masing kelas interval
Menghubungkan titik-titik koordinat. Garis menuju nilai bawah interval dan nilai atas interval berupa garis putus-putus.
CARA MEMBUAT HISTOGRAM
Membuat Tabel Distribusi Frekuensi (TDF)
Menentukan titik nyata yakni batas bawah dan batas atas masing-masing kelas interval
Menyiapkan grafik sumbu absis (X) dan ordinat (Y)
Menentukan titik (X,Y) yakni pertemuan nilai nyata (batas bawah dan batas atas interval) dengan frekuensi
Menghubungkan titik-titik koordinat menjadi balok-balok yang berjajar.
TUGAS PORTOFOLIO 1
Berikut disajikan data hasil tes siswa kelas VIII dalam keterampilan menulis karangan argumentasi
43 62 52 48 46 65 43 48 52 51 57 48 48
38 42 44 46 43 35 42 42 45 44 46 40 40
47 52 38 51 45 38 51 40 46 45 54 55 41
50 59 42 39 56 44 43 47 51 43 50 34 40
53 42 31 44 51 43 48 41 43 48 41 55 40
UKURAN TENDENSI PUSAT
DASAR KONSEPTUAL:
Dengan menggunakan ukuran tendensi pusat/ukuran harga rata-rata/ukuran nilai rata-rata/average kita akan memperoleh “satu angka” dari sekian banyak angka yang ada dan dari satu angka tersebut kita memperoleh “gambaran umum secara menyeluruh” dari data yang kita teliti.
APLIKASI DALAM KONTEKS PENDIDIKAN
Nilai rata-rata rapor, IP, IPK, dsb
MACAM-MACAM UKURAN RATA-RATA
Arithmatic mean/rata-rata hitung (M)
Median/medium/rata-rata pertengahan (Mdn, Me, Mn)
Modus/rata-rata frekuensi maksimal (Mo)
Geometric mean (rata-rata ukur)
Harmonic mean (Rata-rata harmonis)
MEAN/RATA-RATA HITUNG (M)
TDF data tunggal TDF data kelompok
f=1 Mx = (∑X)/N a. Metode panjang: Mx = (∑fX)/N
f≥1 Mx = (∑fX)/N b. Metode singkat: Mx = M’ + i (∑fx')/N
Keterangan:
∑fX = Jumlah perkalian f dengan X (Mid point)
N = Number of Cases
i = panjang kelas interval
M’ = Mean terkaan
∑fx’ = jumlah perkalian f dengan x’
Contoh
Perhitungan Mean dengan menggunakan metode singkat
*Cara menentukan mean terkaan (M’)= menentukan midpoint dari kelas yang memiliki frekuensi tertinggi, pada tabel berikut kelas yang memiliki frekuensi tertinggi adalah kelas 55-59, sehingga mean terkaan kita tentukan adalah 57. Atau dengan memilih salah satu midpoint yang terletak di tengah-tengah kelas interval .Dari tabel, dapat 52 atau 57.Kita pilih yang 57.
Contoh Tabel 1 Perolehan skor tes membaca pemahaman siswa kelas VII
Interval nilai f X x’ fx’
75-79 8 77 +4 +32
70-74 16 72 +3 +48
65-69 32 67 +2 +64
60-64 160 62 +1 +160
55-59 240 57 = M’ 0 0
50-54 176 52 -1 -176
45-49 88 47 -2 -176
40-44 40 42 -3 -120
35-39 32 37 -4 -128
30-34 8 32 -5 -40
N= 800 - - ∑fx’ = -336
Diketahui: M’=57, i=5, ∑fx’ = -336, N= 800
Mx = M’ + i (∑fx')/N
= 57 + 5 ((-336)/800)
= 57 – 1680/800 = 57 – 2,10 = 54,90 (cek dengan cara panjang!) 43920/800=54,90
MEDIAN (Mdn/Me/Mn)
TDF data tunggal TDF data kelompok
f=1 Mdn = cari nilai tengah
f≥1 Mdn =ℓ + (1/2 N-fkb)/fi Mdn =ℓ + (1/2 N-fkb)/fi x i
atau Mdn =u -(1/2 N-fka)/fi atau Mdn =u -(1/2 N-fka)/fi x i
keterangan
ℓ = lower limit/batas bawah nyata skor yang mengandung median
u = upper limit/batas atas nyata skor yang mengandung median
fkb = frek. Kumulatif yg terletak di bawah skor yang mengandung median
fka = frek. Kumulatif yg terletak di atas skor yang mengandung median
fi = frekuensi asli skor yang mengandung median
I = panjang kelas interval
N = number of cases
Contoh tabel 2 Perolehan nilai kompetensi menulis cerpen siswa kelas VII
Interval nilai f fkb fka
65-69 6 100 = N 6
60-64 24 94 30
55-59 25 70 55
50-54 15 45 70
45-49 10 30 80
40-44 6 20 86
35-39 5 14 91
30-34 4 9 95
25-29 3 5 98
20-24 2 2 100 = N
Total N= 100 - -
Mencari letak pertengahan = ½ N= 1/2x 100 = 50, berarti pada interval 55-59, jadi
ℓ = 54,50; fi= 25; fkb=45; i=5
Mdn =ℓ + (1/2 N-fkb)/fi x i =
= 54,50 + (1/2 100-45)/25 x 5
= 54,50 +( 5/25 x 5)= 54,50 + 1 = 55,50
Dengan rumus kedua
Mdn =u -(1/2 N-fka)/fi x i
=59,50-(1/2 100-30)/25 x 5
= 59,50 – (20/25 x 5) = 59,50 – 4 = 55,50
MODUS
Nilai yang paling sering muncul
Langkah: untuk data tunggal, cari nilai yang paling sering muncul
Untuk data kelompok, tentukan interval kelas yang frekuensinya paling tinggi
Rumus
Mo = ℓ + fa/(fa+fb ) x i atau Mo =u -fb/(fa+fb ) x i
Keterangan
ℓ = Modus
fa= frekuensi di atas interval kelas yang mengandung modus
fb = frekuensi di bawah interval kelas yang mengandung modus
dari tabel sebelumnya diketahui,
ℓ = 54,50; fa= 24; fb= 15; i=5; u= 59,50
Mo = ℓ + fa/(fa+fb ) x i atau Mo =u -fb/(fa+fb ) x i
= 54,50 + (24/39x5) = 59,50 – (15/39x5)
= 54,50 + 3,08 = 59,50 – 1,92
= 57,58 = 57,58
TUGAS PORTOFOLIO 2
Berikut merupakan TDF hasil Ujian Akhir Mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Bina Mulia
Interval nilai f
95-99 1
90-94 1
85-89 5
80-84 7
75-79 12
70-74 10
65-69 6
60-64 3
55-59 3
50-54 2
Total 50 = N
Dari data di atas, carilah:
Mean dengan cara 1) panjang dan 2) singkat
Median (2 rumus)
Modus (2 rumus)
PORTOFOLIO 3
Berikutadalah data nilai hasil Ujian Akhir Semester Mata kuliah Statistik yang diikuti oleh 100 orang mahasiswa PBSI
63 69 70 78 67 62 75 70 61 74
61 65 64 66 70 74 63 64 68 58
51 60 63 64 81 61 72 63 65 62
71 57 61 77 65 58 72 61 64 68
68 68 64 65 54 69 66 64 67 75
66 62 70 57 67 68 70 70 73 62
60 60 64 66 65 60 67 64 60 58
57 66 67 63 64 55 67 67 65 70
69 71 73 69 60 71 66 73 70 65
62 59 54 67 66 52 67 54 65 66
Soal
Sajikan data di atas ke dalam bentuk Tabel Distribusi Frekuensi (TDF) data kelompokan dengan interval kelas = 3
CarilahQ1, Q2, Q3
Carilahdesile
Carilahpresentil
Interval nilai f
95-99 1
90-94 1
85-89 5
80-84 7
75-79 12
70-74 10
65-69 6
60-64 3
55-59 3
50-54 2
Total 50 = N
Tidak ada komentar:
Posting Komentar